WhatsApp Uji Fitur View Once, Terbaru tapi Tak Begitu Menakjubkan

WhatsApp tengah menguji fitur terbaru berjudul ‘view once’ alias sekali lihat pada sesi tesflight bagi pengguna yang bergabung dalam program beta. Jika jadi diluncurkan, fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan yang mampu menghilang.

Cara kerjanya seperti kami kutip dari Wabetainfo, ketika pengguna mengirim pesan berupa foto atau video, muncul layar kecil di bilah obrolan yang menyatakan pesan akan menghilang setelah penerima membukanya sekali.

Agak sedikit janggal karena di bagian akhir layar kecil itu, WhatsApp mengingatkan bahwa pipel—siapa pun itu—bisa menggunakan tangkapan layar. Artinya, pesan yang bisa menghilang itu masih dapat di-screenshot saat pertama kali dilihat.

Jadi, terlepas dari fitur yang terkesan memberikan privasi lebih bagi pengguna, WhatsApp belum mampu (atau mau?) memblokir aplikasi tangkap layar atau rekam video dari platformnya.

Alasannya, kalau menurut Wabetainfo, pertarungan tanpa akhir terkait teknologi screenshot akan terus terjadi. Ada banyak cara melewati deteksi tangkapan layar, khususnya di WhatsApp Android. Ada beberapa aplikasi yang dapat menipu sistem operasi dan mengambil tangkapan layar atau rekaman video secara diam-diam tanpa mengirimkan pemberitahuan apa pun.

Baca Juga: Facebook Mata-matai Pengguna Lewat WhatsApp Dark Mode?

Makanya, WhatsApp mengambil “jalan aman” dengan tidak memberitahukan pengguna kalau penerima telah menggunakan aplikasi screenshot untuk merekam video atau foto yang dikirimkan. Mereka hanya mengingatkan saja: “people can always take screenshots”.

Dengan fitur ‘view once’ tersebut, jika pesan telah dibuka oleh penerima, si pengirim akan diberitahukan melalui tanda gelembung yang melaporkan pesan telah dibuka. Detail lainnya juga akan terlihat di ‘info pesan’, kapan pesan dilihat dan dibuka.

Tanda Pesan View Once Diterima. Foto: WAbetainfo
Tanda Pesan View Once Diterima. Foto: WAbetainfo

Namun, dari pengalaman kami memakai WhatsApp, fitur ‘view once’ ini tak begitu menakjubkan bagi aplikasi perpesanan besar sekelas WhatsApp. Pasalnya, fitur ini sudah hadir lebih dulu di sodara-sodara WhatsApp yang lain seperti Messenger dan Instagram. Lagi-lagi WhatsApp telat.

Baca Juga: Bree, Ini 12 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui Pengguna

Fitur ini seperti kejadian dark mode tempo hari yang baru diterapkan WhatsApp setelah banyak aplikasi dan website lebih dulu memakainya.

Jadi, apa yang diharapkan WhatsApp dari fitur baru ini? Membuat chat lebih pribadi dan aman, atau mengutip kata-kata CEO Facebook Mark Zuckerberg “membuat pengalaman WhatsApp Anda menjadi ‘tidak kekal'”? Rasanya sulit dipercaya, mengingat “dosa-dosa” WhatsApp terkait pembaruan kebijakan privasi baru-baru ini.

Selain itu, mungkin akan muncul juga pertanyaan “bodoh” lainnya, terlepas dari potensi adanya insiden screenshot, apakah “pesan sekali lihat” melalui fitur terbaru itu betul-betul menghilang selamanya dari WhatsApp?

KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here