~ Baca pelan-pelan, semoga Breeders tidak mengerti

Breeders yang budiman, terutama yang menggunakan produk Apple, khususnya macOS, tips ini saya persembahkan untuk kalian. Yang baca Breedie pakek iOS, Android, dan juga kepada jamaah Window tidak disarankan. Kecuali Anda teknisi perangkat komputer.

Breeders… Masalah serius terjadi pada hardware card reader built-in komputer Mac. Baik itu MacBook, iMac, maupun Mac mini, memori SD tidak terbaca setelah upgrade ke macOS High Sierra. SD di sini maksudnya bukan Sekolah Dasar tapi Secure Digital.

Memori SD atau Memory Card atau MicroSD adalah kartu memori non-volatile yang dikembangkan SD Card Association untuk digunakan dalam perangkat portable. Kini, teknologi microSD sudah dianggap sebagai standar industri de-facto.

Kasus yang menimpa saya, setelah Mac mini diperbarui dari macOS Sierra (2016) ke macOS High Sierra (2017), memori kamera tidak terdeteksi apa-apa. Apa penyakit katarak Mac mini kambuh lagi? Sehingga jadi kabur melihat isi hati yang paling dalam memori SD? Padahal di dalamnya tidak ada kenangan foto mantan. Duh… Dek Mac, kamu kok cemburu?

Ketimbang terlena tujuh turunan, saya pun mencari solusi. Pertama, saya teteskan obat mata seperti tips nomor dua yang bakal kelihatan di bawah paragraf ini. Hasilnya nihil. Mac mini masih rabun juga. Kalau di OS X Maverick (2015) dan macOS Sierra sebelumnya, obat tetes mata ini sangat ampuh mengatasi kegalauan untuk mengatasi card reader gagal terbaca.

Supaya obat tetes mata itu tidak habis, saya pun menelusuri ke forum-forum Apple. Ternyata banyak fanboy di luar sana juga mengalami masalah yang sama: card reader Macbook tidak terbaca setelah upgrade ke High Sierra. Bahkan ada yang memvonis, perangkat tuha Mac Mini mid 2010 bakal buta permanen, karena ada bug di macOS Hight Sierra. Oh tidak! Saya masih kurang yakin Dek Mac Mini buta permanen.

Untuk menvonis memori SD-lah yang bermasalah maka harus dicoba ke perangkat Mac terbaru. Saya tes insert ke perangkat iMac adik saya, hal yang sama juga terjadi. iMac baru yang masih berplastik secantik dan sepintar Dian Sastro, rabun juga setelah upgrade ke High Sierra.

Tapi tenang Breeders, berikut ada solusi untuk mengatasi masalah rabun mata Card Reader Mac yang gagal baca memori SD. Kalau Breeders malas membaca dan langsung pada praktik mudahnya, silakan lompat pada tips nomor tiga. Asal tau saja, Breedie itu ‘Easy but Spicy’. Makanya, setiap tips yang disuguhkan di website ini terasa mudah bagi yang membuatnya tapi kadang-kadang rumit bagi yang mencobanya.

1. Reset SMC (System Management Controller) Mac

Cara menghidupkan Mac memang berbeda dengan cara hidup sehat ala Windows: start-live-shut down. Kalau sudah capek, sesekali Window merengek minta restart, begitu seterusnya.

Mac tidak demikian, karena ia lebih tangguh (ciiyee) dari Windows. Mac lebih banyak live ketimbang mati (shut down). Rutinitas sehari-hari Mac seperti ini: start-live-sleep. Kalau dibuat kombinasi, setelah sleep lalu wake up, sleep lagi, begitu seterusnya hingga berbulan-bulan. Baru restart kalau ada permintaan dari aplikasi besar pihak ketiga yang baru saja di-install. Pengguna MacBook pasti manggut-manggut tanda setuju.

Di antara ketiga perangkat pemakai macOS, MacBook paling jarang shut down dan restart. Kalau iMac, Mac Pro, dan Mac Mini, keseringan mati mendadak karena PLN asyik ML.

Buat Breeders beraliran Windows, coba perhatikan pengguna MacBook. Apa ciri khas mereka? Yap, buka-tutup laptop lalu masukkan ke tas. Coba kalau laptop Windows, buka-tutup berhari-hari tanpa shut down, besoknya “sakit” kan?

Cara sleep Mac macam tidur ayam petelur. Sentuh dikit langsung terjaga. Bukan seperti cara tidur Windows sekayak kerbau mati. Akibatnya, cache jadi menumpuk.

Saat dibangunkan tengah malam oleh si Babang SD, yang direspon Dek Mac bukan ayo Bang, tapi kucek-kucek mata dengan daya ingat lima watt. Lalu Dek Mac menjawab, “Bang SD ini siapa? Emang kita sudah kenalan sebelumnya?”

Ingatan Dek Mac yang belum sempurna itu wajar karena Babang SD jarang pulang. Dan Dek Mac pun sudah lelah kerja seharian. Mulai dari lihat status medsos, print surat, order barang, render film berhari-hari, upload YouTube dari siang sampe malam. Terus berulang sampai berbulan-bulan. Akhirnya, Dek Mac lupa kapan Babang SD terakhir pulang. Eh, begitu tiba-tiba datang tengah malam dibangunkan, jelas ia gelagapan.

Setelah beberapa kali colok-cabut kartu SD, Mac juga tidak merespon. Segera reset SMC alias pengontrol manajemen sistem Mac. Petunjuk lengkap cara reset SMC Mac bisa Breeders lihat di sini.

1.2 Reset NVRAM atau PRAM Mesin Mac

Kalau tidak mempan juga berarti perlu reset NVRAM atau PRAM. NVRAM (nonvolatile random-access memory) adalah memori berkapasitas kecil yang digunakan Mac untuk menyimpan pengaturan tertentu dan mengaksesnya dengan cepat. PRAM (Parameter RAM) menyimpan informasi serupa.

Ilustrasi cara reset NVRAM atau PRAM sistem macOS
Ilustrasi cara reset NVRAM atau PRAM sistem macOS

Cara reset NVRAM atau PRAM mudah. Matikan Mac-nya, tunggu sebentar lalu hidupkan lagi sambil tekan tombol Option + Command + P + R tahan hingga bunyi ‘dung’, selesai. Setelah itu Mac akan kembali boot hingga siap digunakan kembali. Kalau masih kurang jelas, silahkan baca petunjuk resmi.

Nah, begitulah ilustrasi cara kerja sistem Mac bila memori SD kamera tidak terbaca, terutama di perangkat Mac lawas OS High Sierra. Bila reset tidak bekerja juga, lanjut ke solusi kedua. Atau, upgrade macOS High Sierra ke macOS Mojave (2018).

2. Teteskan obat mata

Ambilkan kapas, lilitkan ke ujung tusuk gigi lalu basahkan dengan sedikit obat tetes mata. Boleh juga gunakan alkohol atau air bila obat tetes mata tidak. Tapi jangan encer ya. Setelah dibasahkan, colok tusuk gigi ke lubang mata card reader. Gosok pelan-pelan jangan terburu nafsu. Kalau banyak kotoran yang menempel sudah bisa dipastikan Babang SD jarang digunakan.

Pastikan juga, per penahan memori SD di dalam card reader masih berfungsi dengan kencang. Kalau per penahan ini longgar ke dalam, bisa menyebabkan Dek Mac amnesia betulan sama Babang SD. Karena dia masih menganggap memori SD sedang tertancap di dalam. Paham? (Nggak Bang)

3. Ceraikan dia atau belikan card reader external

Kalau Dek Mac betul-betul tidak ingat lagi sama Babang SD yang penuh foto-foto kenangan indah tak terlupakan, ya, ceraikan saja dia. Pinanglah Dek Mac yang baru. Cek aja di toko sebelah stok Dek Mac yang lebih bening seperti Via Valen, siap dipinang oleh Abang yang banyak uang. Toh, Dek Mac yang sudah tua dan mulai sakit-sakitan suatu saat nanti juga bakal nolak upgrade ke macOS terbaru. Bahkan di masa mendatang bakal jadi barang usang.

Mengingat kini dolar sudah 15 ribu rupiah, agak susah sebenarnya meminang Dek Mac yang baru. Satu sisi, itu juga terkesan kejam. Masak baru menderita katarak ringan, Abang tega tinggalkan Dek Mac yang telah bersusah payah temani Abang cari uang.

Jangan Bang, belikan saja card reader external bang. Nggak mahal cuma Rp15 ribu rupiah. Cepat Bang, di toko sebelah banyak. Biar dia ingat Babang SD lagi.

Ya, menggunakan card reader external solusi terbaik, seperti yang saya lakukan untuk Mac mini saya. Pasalnya Mac Mini produksi 2010 tidak didukung oleh Apple lagi jika di-upgrade ke Movaje. Tapi tak mengapa, saya bersama Dek Mac mini biarlah tersesat di puncak gunung High Sierra. Biar orang-orang tahu kalau kami nggak bisa turun lagi. Khak.

Komentar

Komentar