~ Ini tentang selera, film akhir pekan yang unfamiliar

Tahun 2019 tinggal menghitung hari, tapi film-film berkualitas HD yang rilis tahun ini belum semua tersaksikan. Pasalnya, situs tempat menonton film bajakan yang menjadi langganan belum juga mengunggah versi HD film-film tersebut.

Mau nonton di mana? Bioskop tak ada. Di Banda Aceh bioskopnya masih angan-angan. Kalau pun ada, biasanya cuma bioskop dadakan yang disulap dari sebuah aula. Film yang diputar temanya tak jauh-jauh cinta, supaya air mata para penonton yang rata-rata jomlo mengucur deras.

Menonton film bajakan jelas-jelas salah. Kalau kata orang-orang yang menjaga betul hak cipta, menonton film bajakan (di situs bajakan pula) sama saja dengan melegalkan pembajakan. Dosanya dua kali lipat.

Namun, apa iya selamanya kita harus menerima pendapat itu? Bagaimana untuk penonton yang di kotanya tak ada bioskop? Apakah harus menunggu “bioskop aula” dibuka sebulan sekali?

Ketika pilihan itu tak ada, mau tak mau harus lari ke layar kaca bajakan. Orang bisa juga bilang kenapa tidak berlangganan Netflix? Oh, tidak kawan, Netflix cuma pilihan bagi orang-orang berada. Kaum muda kota kelas bawah tak mampu menjangkau itu.

Ah, emang dasar ingin gratis terus!

Tidak juga, penonton film bajakan tak melulu mengandalkan kantong kosong alias pre-tek-tok. Kalau mereka ke warkop untuk menumpang WiFi harus membayar kopi. Jika penghuni warkop sedang penuh, kadangkala koneksi tersendat. Ketika streaming macet-macet. Saat diunduh dengan Internet Download Manager, kecepatan transfernya di bawah 1 Mbps. Satu film berkapasitas 1 GB terunduh hingga dua jam.

Belum lagi, ketika film-film berhasil diunduh, mereka harus merelakan kapasitas harddisk-nya terpakai beberapa persen. Lambat laun harddisk bisa penuh. Inilah bentuk-bentuk pengorbanan penonton film bajakan. Sebelas dua belas dengan pengorbanan para penonton bioskop.

Namun, intinya bukan itu. Ini cuma pembelaan saja bahwa kami sering nonton film di situs bajakan. Intinya Breeders, sambil menunggu Avengers 4 dan Game of Throne atau GoT session 8 dirilis, kami mau unjuk beberapa judul film aneh dan jarang didengar. Oya, kalau kalian mau baca ulasan soal GoT, di Breedie tulisannya sedang disiapkan. Sembari menunggu, boleh kulik-kulik di website lain seperti AcehPungo yang rajin mengulas GoT.

Soal judul film yang weird and unfamiliar alias aneh dan jarang didengar, awalnya ingin ditampilkan yang kami ketahui saja. Namun, berhubung Breedie sudah memiliki belasan pembaca militan (ya, belum puluhan), tidak ada salahnya kami pikir untuk sharing dengan mereka.

Lalu, memanfaatkan Lembaga Studi Breedie atau LSB, dikirimlah sebuah pertanyaan ala-ala survei kepada belasan pembaca militan tadi lewat WhatsApp. Pertanyaan juga kami kirim ke teman dan kolega, yang kadang-kadang mau membaca Breedie kalau dipaksa.

Pertanyaannya begini: Sebutkan satu atau dua judul film yang pernah ditonton. Syaratnya, film tersebut namanya aneh dan tidak familiar, bukan b*k*p alias film p*rn*, dan film berwarna bukan hitam putih.

Syarat dari pertanyaan ini sebenarnya karena kami berpikir apakah orang tidak bosan menonton film-film terkenal yang dibintangi The Rock melulu, atau Tom Cruise bahkan Denzel Washington? Sesekali tontonlah film-film yang kurang terkenal. Bisa jadi itu untuk mencari pembanding ketika menyebutkan mana film bermutu dan tidak.

Setelah pertanyaan survei recehan itu dikirim, kami berharap tidak ada yang tertarik menjawab dan cuek-cuek saja. Kenyataannya, beberapa orang mau berbagi. Hanya satu satu yang enggan menjawab, satu dua tidak membalas, dan sisanya ternyata WA mereka tidak aktif lagi.

Film aneh dan jarang didengar yang pernah ditonton tentu susah diingat seketika. Perlu memutar ingatan kuat-kuat. Untung saja, para penjawab survei kami ingatannya masih bagus.

Setelah ditampung, berikut ini judul-judul film yang mereka rekomendasikan untuk ditonton di akhir pekan. Dari beberapa judul, kami sendiri belum pernah menontonnya. Film berasal dari beberapa negara dengan beragam genre. Mulai dari komedi, drama, hantu, hingga cinta. List dibuat untuk iseng-iseng semata. Jika tertarik silakan menonton. Jika tidak silakan mencibir. Cekibrot:

Zootopia (2016)
Warriors of The Rainbows: Seediq Bale (2011)
RRRrrrr!!! (2004)
Children of Heaven (1997)
The Lunchbox (2013)
Alive (1993)
Cat Shit One Apocalypse Meow (2010)
Race 3 (2018)
Taxi Tehran (2015)
Cicak Man (2006)
Cicakman 2: Planet Hitam (2008)
Cicak Man 3 (2015)
5 Broken Cameras (2011)
The Patience Stone (2012)
Into the Badlands (TV series)
Rocket Science (2007)
Poorna (2018)
Weird (2006) serial TV
Hackers (1995)
Jibam (2017)
Toilet: Ek Prem Katha (2017)
Hantu Kak Limah (2018)
Pee Mak (2013)
Maling Kutang (2009)
Shaitan (2011)
Ratsasan/Raatchasan (2018)
Weird Years > Tv Series (2006-2007)
Two & Two (2011)
Night Bus (2017)
Salam Neighbor (2015)
Citizenfour (2014)
Zeitgeist: Addendum (2008)
Frank (2014)
Moulin Rouge (2001)
1492: Conquest of Paradise (1992)
The China Hustle (2018)
Mozart and the Whale (2005)
Who Am I: No System is Safe? (2014)
It (2017)
Coco (2017)
The Parent Trap (1998)
Fantasma (2006)
Cast Away (2000)

Data: Lembaga Studi Breedie (LSB)

Komentar

Komentar